Tuesday, May 30, 2006
Saya orang Indonesia...
Ini cerita yang udah biasa banget buat kita2 orang Indonesia yang tinggal di Malaysia... Entah bagaimana awalnya dan dari mana asalnya kita punya sebutan baru di Malaysia ini, yaitu "INDON"... Sebel banget kalo ada yang ngomong begitu ke kita kan?? Beberapa kali sempat aku jelasin ke mereka bahwa "Indon" itu tidak ada.. yang ada "Indonesia"... Untuk teman-teman sekampus sih mereka bisa mengerti dan sudah tidak pernah lagi nyebut2 "Indon".. tapi kadang2 pernah juga mereka keseleo dan bilang Indon.. trus pas aku pelototin mereka buru2 bilang Indonesia.. heheheh...

Bukan apa2 sie sebenarnya... Indon itu kok rasanya berkonotasi negatif gitu ya... Tapi menurut teman2 ku yang malaysia, mereka bilang Indon itu sebagai singkatan dari Indonesia... Seperti "Bangla" untuk Bangladesh, "Malay" untuk Malaysia gitu... Untung mereka mengerti kalo aku jelasin "Indon" itu gak enak rasanya buat orang Indonesia...

Malangnya tidak semua orang Indonesia yang setuju dengan aku... Pernah aku ketemu teman2 TKI yang kebetulan bekerja di sekitar kampus, trus aku negur, dan ngajak kenalan...

"Mbak asli dari mana?" tanyaku... "saye dari Indon" jawabnya....

Alamaaaaaaaaak... "Indon" nya itu lho...

"Oo... Indonesia juga ya... Indonesianya mana satu?" tanyaku untuk mengalihkan istilah "Indon" nya... "saye Indon nye dari madura" jawabnya dengan logat malaysia yang ketara dibuat2...

Duuuh.. sedihnya... Bahkan cara dia bicarapun tidak diubah ke bahasa Indonesia, walaupun sudah tau kalo aku juga Indonesia... Aku sie masih bisa toleransi lah, kalo ngomong sama teman2 malaysia ya sebisanya aku ikutin logat mereka.. Tapi kalo sudah ketemu teman2 Indonesia kok rasanya risih dan aneh gitu lho kalo ngomong pake logat malaysia...

Yang ini lain lagi ceritanya... Aku ditelpon...

"Hallo.. ini Ermina Sari ke?" tanya yang diseberang... "Ya... itu nama saya" jawabku..."Ini siapa?" tanyaku lagi... "Kami dari Golden Horses Palace, saat ini tengah mengadakan promotion" jawabnya lagi...

Lalu berlanjut lah cerita promosi itu yang mengatakan aku dan keluarga dapat medical check up gratis plus voucher diner dan penginapan gratis di Golden Horses Palace itu... Menurut cerita mereka, mereka dapat nomor telp ku dari seminar yang pernah aku ikutin dulu... Lama juga dia ceritain promosinya.. mereka meyakinkan aku bahwa promosi itu adalah free of charge.. alias PERCUMA alias GRATISS... Katanya dari sekian banyak yang ada namanya di referensi mereka, aku yang terpilih... dan aku diminta datang besoknya... Sebelum telpon ditutup mereka nanya nomor IC dan nama suami untuk registrasi karena harus dikonfirmasikan lagi nantinya... Tentu saja aku bilang kalo nomor IC ku adalah nomor passport, karena itulah yang berlaku di Malaysia...

"Passport??" tanya nya... "Ooo.. maaf.. ye.. puan ni orang mane?" tanya nya lagi... Aku jawab.. "Saya orang Indonesia, saya kuliah di sini"... "Ooo.. orang INDON..." katanya... Aku ralat dengan sedikit tegas... "Bukan Indon, tapi INDONESIA..." "Ye lah same la tu..." katanya lagi... TIDAAAAKKKK.. nyebelin banget gak sih...

Akhirnya dia bilang.. "Maaf la ye puan, promotion ini just for local..." Aku si bukan kecewa karena gak dapat voucher2 itu, tapi sebel karena "INDON" nya itu lho.. huwawawawa....

Ada satu lagi nih, baru tadi siang aku terima telponnya...

"Hallo ini Ermina ke??" tanya suara cewek di seberang... "Ya.. betul, itu saya" jawabku... "Ini dari mana ya?" tanya ku lagi... "Ini dari Mines" jawabnya.. gak jelas Mines shoping centre ato Mines resort nya... belum sempat aku nanya Mines yang mana, doi udah duluan nanya.. "Awak ni orang mane ye? INDON ke?" tanya nya... *uuuhh.. marah.com ni aku* "Bukan INDON, tapi saya orang INDONESIA.." jawabku ketus.. "Ye.. lah.. itu lah tu..." katanya lagi... "OK tak pe lah" katanya singkat... tanpa terima kasih ato mohon maaf ato apalah basa-basi kek gitu, dan tanpa sempat aku nerangin bahwa INDON dan Indonesia itu beda banget, langsung itu telpon ditutupnya...

Iiiiiiiiiihhhhhhhhhh..... Super duper keselllll.... Mana aku baru aja nyampe di rumah abis jalan2 ke ampang point and chow kit sama Gege.. Udah panas, trus kecewa sama ampang point yang ternyata hanya begitu aja.... eh makin panas aja sama perlakuan semena-mena orang aneh itu... *Gubryaaaak.. rebah di atas kasur* Mending aku tidur deh.. daripada mikirin itu terus...
posted by Nabiha dan Nadhifa @ 7:51 PM |
 
10 Comments:
Post a Comment
<< Home